Demi Kelestarian Lingkungan, Daihatsu Terapkan Teknologi Hijau

16 Apr 2013

Sebagaimana kita tahu bahwa setiap tahun selalu diadakan suatu konferensi lingkungan yang membahas mengenai emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan bermotor. Teknologi Hijau pada Daihatsu merupakan bentuk partisipasi Daihatsu dalam menjaga kelestarian alam sekitar dan mengurangi emisi gas buang.

Mengenal Teknologi Hijau

katoniku.blogdetik.com-Green_Technology

Istilah teknologi dapat mengacu kepada suatu aplikasi pengetahuan yang diterapkan untuk keperluan praktis. Sedangkan istilah Teknologi Hijau adalah hasil pengembangan dari suatu metode dan material yang dilakukan secara terus-menerus sehingga dapat menghasilkan suatu teknologi yang ramah terhadap lingkungan.

Beberapa tujuan utama dari penerapan Teknologi Hijau meliputi beberapa hal, yaitu:

  • Keberlanjutan, dimana dengan diterapkannya jenis teknologi ini maka tidak akan mengancam kelestarian lingkungan hidup di masa mendatang.
  • Desain daur ulang, dimana produk yang dihasilkan harus dapat di daur ulang untuk menghasilkan produk sejenis.
  • Konservasi sumber daya, dimana mengurangi limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan konsumsi.
  • Innovasi, dimana mengembangkan alternatif untuk teknologi - apakah fosil bahan bakar atau bahan kimia pertanian intensif - yang telah terbukti merusak kesehatan dan lingkungan.
  • Viabilitas yaitu menciptakan pusat kegiatan ekonomi di sekitar teknologi dan produk yang bermanfaat bagi lingkungan, mempercepat pelaksanaannya dan menciptakan karier baru yang benar-benar melindungi planet bumi.

Profil Daihatsu

Secara resmi, Daihatsu mulai berdiri pada tahun 1951. Namun sejarah panjang perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif ini sudah tergores sejak 1 Maret 1907 dimana pada saat itu masih bernama Hatsudoki Seizo Co., Ltd. Pada tahun 1975, Daihatsu memulai kegiatan operasionalnya di Indonesia dan terus berlanjut hingga saat ini. Bahkan, Daihatsu telah merencanakan untuk mengeluarkan investasi sebesar 20 Milyar Yen agar dapat menunjang kegiatan operasionalnya di Indonesia.

Membuat mobil kompak yang dicintai oleh dunia di bawah slogan Inovasi untuk hari esok menjadi semangat Daihatsu dalam usaha pengembangan produknya sehingga dapat menciptakan produk yang efisien dalam menggunakan bahan bakar, harga yang terjangkau dan konservasi sumber daya.

Teknologi Hijau Pada Daihatsu

Daihatsu menyadari bahwa kelestarian lingkungan harus tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu, maka Daihatsu secara terus-menerus melakukan pengembangan yang meliputi metode dan material.

katoniku.blogdetik.com-Life_Cycle_Assesment

Melalui pendekatan penilaian siklus hidup yang meliputi sejak pembelian material (Purchasing of materials), proses produksi (Production), pengoperasionalan (Driving), perawatan (Maintenance) serta proses daur-ulang (scrapping) maka Daihatsu mengenalkan apa yang disebut mobil kompak (compact cars).

Mobil kompak produksi Daihatsu mengaplikasikan 3 (tiga) tahap teknologi yang ramah lingkungan, yaitu:

  • Tahap 1 Pengaplikasian teknologi Eco-Idle dimana dengan teknologi Eco-Idle ini maka harapan untuk mencapai efisiensi penggunaan bahan bakar akan terwujud karena secara otomatis mesin akan diatur sedemikian rupa sehingga akan mati (tidak beroperasi) dalam kondisi jalanan yang macet.

    katoniku.blogdetik.com-daihatsu.co.id-teknologi_hijau_stage1
  • Tahap 2 Penggunaan mesin dua silinder turbocharged dimana mesin ini memiliki komponen yang ringan dan efisiensi dalam menggunakan sumber daya.

    katoniku.blogdetik.com-daihatsu.co.id-teknologi_hijau_stage2
  • Tahap 3 Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell dimana bahan pembuatan kendaraan menggunakan sumber daya alam yang efisien dan tidak menggunakan logam mulia sehingga harganya terjangkau serta mengurangi emisi CO2.

    katoniku.blogdetik.com-daihatsu.co.id-teknologi_hijau_stage3
Bagan Teknologi Hijau Daihatsu
daihatsu.co.id-teknologi-hijau

Semua tahapan teknologi di atas merupakan bentuk antisipasi Daihatsu dalam menginterpretasikan apa yang dimaksud dengan kendaraan ramah lingkungan. Menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan dan memberikan sesuatu kembali kepada dunia merupakan semangat nyata Daihatsu dalam melakukan pengembangan secara terus-menerus terhadap sumber daya, metode dan material yang dimilikinya.

Demikianlah presentasi mengenai Demi Kelestarian Lingkungan, Daihatsu Terapkan Teknologi Hijau ini disajikan kepada Anda. Semoga bermanfaat dan menumbuhkembangkan kesadaraan akan kelestarian lingkungan.

== *** ==

Referensi dan sumber gambar:
http://www.daihatsu.co.id/
http://www.daihatsu.com/
http://www.green-technology.org/


TAGS Kelestarian Lingkungan Kelestarian Lingkungan Daihatsu Teknologi Hijau Teknologi Edukasi


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post